Jumat, 14 Oktober 2011

Manfaat Internet untuk pendidikan

Dunia internet telah mendorong perombakan total  konsep klasik tentang pendidikan yang selama ini berlaku, sedikit demi sedikit mulai berubah.  Teknologi informasi dengan mudah telah menghilangkan batasan ruang dan waktu yang selama ini membatasi dunia pendidikan. Beberapa konsekuensi logis yang terjadi adalah :

  1. Siswa/mahasiswa dapat dengan dengan mudah mengambil matakuliah apa saja diseluruh dunia tanpa batasan institusi dan negara 
  2. Siswa/mahasiswa dapat dengan dengan mudah berguru pada para ahli  di bidang yang diminati 
  3. Kuliah dapat dengan mudah diambil dari penjuru dunia tanpa bergantung di mana lokasi universitas tersebut. 
Arti dari semua ini adalah  konsep universitas terbuka akan semakin baur dalam universitas tradisional. Kuliah yang yang sangat rigid dan harus diambil di Universitas local menjadi terbuka untuk diambil dari Universitas lain. Selain itu dunia kepustakaan telah banyak mengalami modifikasi dalam berinteraksi dengan penggunanya, dari konsep perpustakaan pasif  menjadi agresif. Sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan  sekolah/universitas  menjadi  tidak terbatas dengan akses internet. Buku, laporan penelitian dan berbagai hal yang umumnya sangat terbatas sekarang dapat dicari di berbagai perpustakan yang ada di internet(Tabel 2). Perpustakaan tidak lagi berupa koleksi buku/informasi tetapi telah menjadi pusat disseminasi informasi maupun pangkalan data penelitian dan aktifitas yang ada di universitas tersebut. Teknologi  Web dapat memasuki berbagai ensiklopedia yang menyimpan informasi tentang banyak hal. Salah satu ensiklopedi utama yang ada di Internet adalah ensiklopedi Britanica(Tabel 3), beberapa perusahaan  yang menjajakan ensiklopedi ini telah bereksprimen menggunakan CD-ROM, sehingga tidak hanya berisi tulisan dan gambar tapi juga video dan audio.   

Keluhan dalam dunia pendidikan di Indonesia antara lain adalah kurangnya akses  informasi ke Journal/majalah ilmiah(Tabel 4). Saat ini tidak kurang dari 2500 jurnal berada di internet sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses informasi mutahir dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah informasi tentang patent suatu produk(Tabel 5). Majalah sekolah merupakan media yang sangat bermanfaat bagi siswa/mahasiswa untuk mengkomunikasikan aktifitas yang ada ke seluruh penjuru dunia(Tabel 6). Bagi sebagian besar siswa/mahasiswa  uang sekolah untuk memperoleh pendidikan yang baik umunya masih dirasakan mahal, hal yang sama bagi mahasiswa paska sarjana. Hibah-hibah penelitian untuk  mendapatkan peneliti terbaik dari penjuru dunia sering ditawarkan oleh berbagai yayasan(Tabel 7). Selain itu banyak situs di internet yang menyediakan fasilitas tanya jawab(FAQ, frequently ask question). 

0 komentar:

Posting Komentar